Kamis, 23 Agustus 2018

Mengenal Umroh

Umroh  berasal dari bahasa Arab dan itu adalah ziarah yang dilakukan oleh Muslim ke Mekah yang terletak di Arab Saudi. Itu bisa dilakukan kapan saja sepanjang tahun dan bahkan ada perusahaan yang memberikan paket umroh plus turki bagi mereka yang ingin melakukan perjalanan Umrah dengan dana yang terjangkau. Tindakan-tindakan ini mewakili beberapa tonggak dalam kehidupan Ibrahim (Abraham) dan istri keduanya Hajar. Melalui tindakan ini para peziarah juga menunjukkan persahabatan dengan Muslim di seluruh dunia. Peziarah melakukan tawaf di mana peziarah bergerak mengelilingi Ka'bah tujuh kali dalam arah yang anti jam bijaksana. Tindakan iman berikutnya yang dilakukan oleh peziarah adalah 'sai'.

Dalam ritual ini, para peziarah berjalan cepat di antara bukit-bukit Safa dan Marwah. Melalui ritual ini para peziarah ingat perburuan Hajar yang bermasalah untuk air di padang pasir. Bayi Ishamel yang bersamanya menangis dan kakinya menyentuh tanah. Air keluar dari tanah. Inilah yang diketahui umat Islam saat ini sebagai Sumur Zamzam. Ritual ketiga yang dilakukan para haji adalah halq atau taqsir. Ketika seorang peziarah melakukan halq, dia mencukur rambutnya sepenuhnya. Wanita memotong sebagian kecil rambut mereka. A taqsir adalah ritual di mana rambut hanya dipersingkat.

Ada dua jenis umroh. Umrat al tammatu adalah Umrah yang dilakukan bersama dengan Haji. Al-umrat al mufradah adalah jenis Umrah yang dilakukan secara mandiri. Ketika seorang peziarah akan melakukan umrah, sebelum memasuki kota suci yaitu Mekkah, peziarah harus dalam keadaan sakral. Keadaan ini disebut Ihram. Peziarah harus masuk ke tempat kudus suci atau al Masjid al Haram. Ia harus mencoba untuk menempatkan kaki kanan terlebih dahulu. Menempatkan kaki kanan lebih baik.
Peziarah membacakan doa yang dikenal sebagai Talbiyah. "Di sini aku adalah Allah, (dalam menanggapi panggilanmu), inilah aku. Di sinilah aku, Engkau tidak memiliki pasangan, di sinilah aku. Sesungguhnya semua pujian, kasih karunia dan kedaulatan adalah milikMu. Engkau tidak memiliki pasangan." Ketika peziarah melihat Ka'bah, ia harus berdiri di satu sisi dan mengatakan "Allahu Akbar" tiga kali dan "La ilaha illa'Llah" tiga kali. Kemudian para peziarah menawarkan doa kepada Allah setelah mempersembahkan sang Nabi sebuah salawat yang merupakan berkah. Umrah adalah ritual yang sangat tua dan telah dilakukan sejak awal Islam. Umrah yang dilakukan selama Ramadhan dianggap sama dengan Haji.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar